pasca@scholar.itn.ac.id (0341) 551431
Program Pascasarjana ITN Malang

Profil

Home >Profil

Sambutan Direktur Pascasarjana ITN Malang

Dr. Ir. Dayal Gustopo S, MT, IPM

Program Pascasarjana (PPs) ITN-Malang menyediakan peluang yang baik bagi para professional muda Indonesia, untuk meningkatkan kemampuan potensi keilmuan, keahlian dan keterampilan akademik melalui penyelenggaraan program pendidikan jenjang magister teknik. Pendidikan untuk jenjang magister teknik tersebut ditawarkan melalui program studi (PS) magister teknik industri dengan konsentrasi manajemen industri dan program studi (PS) magister teknik sipil dengan konsentrasi manajemen konstruksi. PPs ITN Malang membantu mahasiswanya untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari dalam menyongsong dan menangkap peluang atau kesempatan yang ada didepan bagi para lulusannya Secara konseptual capaian pembelajaran dari program magister teknik masuk kedalam kualifikasi tingkat ahli. Sebagai gambaran bahwa terdapat 3 (tiga) tingkatan profesi didunia kerja yang berlaku di Indonesia. Ketiga tingkatan tersebut adalah :

  • 1. Tingkat Operator
  • 2. Tingkat Teknisi
  • 3. Tingkat Ahli

Masing-masing tingkatan profesi tersebut di setarakan dengan kualifikasi akademik pada jenjang pendidikan formal. Sebagai Contoh untuk jenjang pendidikan SD s.d SMA disetarakan pada jenjang tingkat operator. Untuk jenjang D2 s.d S1 disetara pada tingkat teknisi, sedangkan untuk jenjang pendidikan S2 (magister) dan S3 (doctor) setara dengan tingkat ahli. Dari sisi aspek pasar, ekonomi Indonesia di tahun 2030 diprediksi akan menjadi yang ke-7 terbesar di dunia (McKinsey, 2012). Untuk itu perlu adanya kesiapan sumber daya manusia yang mumpuni agar bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja dimasa depan tersebut. Kondisi itu yang menjadikan peluang untuk dapat ditangkap oleh para alumni magister yang ada di PPs.

Selamat bergabung dengan PPs ITN-Malang, semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.

Visi

Terwujudnya Program Pascasarjana yang unggul dalam pengembangan sains dan teknologi, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kemandirian dan profesionalisme dalam bidang teknik sipil dan perencanaan serta teknologi industri.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan, penelitian dan pengembangan serta kegiatan inovatif-kreatif di bidang rekayasa (enjiniring) yang berdaya guna bagi masyarakat dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang dilandasi oleh kaidah moral dan etika profesi.

Tujuan Pendidikan

  • 1. Mendidik dan melatih mahasiswa tentang prinsip dan metode pemecahan masalah manejemen bidang teknologi.
  • 2. Meningkatkan dan mengembangkan wawasan mahasiswa terhadap isu-isu sosial, tanggung jawab etika dan profesionalisme di bidang manajemen, teknologi dan industri.
  • 3. Mempersiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia di bidang manajemen yang cakap, terampil, kreatif, mandiri dan berjiwa wirausaha, serta mampu berperan dalam kerangka pembangunan nasional.

Strategi

Berdasarkan tujuan tersebut, maka strategi pencapaian sasaran dalam pengembangan program pascasarjana ke depan meliputi empat aspek, yaitu:

  • a. Menetapan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi pencapaian program studi magister Teknik program Pascasarjana ITN Malang yang diturunkan dari Visi Misi ITN-Malang
  • b. Melakukan penyusunan kurikulum dan rencana pembelajaran dalam setiap mata kuliah
  • c. Menyelenggarakan program pembelajaran sesuai standar isi, standar proses, standar penilaian (SN-DIKTI) untuk mencapai CP Lulusan
  • d. Melakukan kegiatan sistemik untuk menciptakan suasana akademik dan budaya mutu
  • e. Melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi secara periodic untuk menjaga mutu proses pembelajaran
  • f. Melaksanakan pelaporan hasil program pembelajaran secara periodic sebagai sumber data untuk pengambilan keputusan perbaikan dan pengembangan mutu pembelajaran

Tata Nilai

  • 1. Kebangsaan dan Humanisme
    Menjunjung nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menghargai kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik.
  • 2. Integritas
    Mengutamakan kejujuran, menghargai diri sendiri dan orang lain serta konsistensi antara kata-kata dan perbuatan.
  • 3. Kompeten
    Mampu mengembangkan IPTEKS dan menerapkannya dalam tridharma perguruan tinggi untuk kepentingan masyarakat, nusa dan bangsa.